KOIKI, Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Komunitas Belajar

SMAN 1 Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, Jumat 13 September 2024, Komunitas Belajar KOIKI (Komunitas Inovatif Kreatif Insipiratif) menyelenggarakan kegiatan Desiminasi tentang optimalisasi Komunitas Belajar terkait dengan Pengembangan Literasi dan Numerasi.

Desiminasi tersebut merupakan salah satu kegiatan praktik baik hasil dari Pelatihan Peningkatan Kompetensi Komunitas Belajar dalam Pengembangan Literasi Numerasi di Surakarta, 9-12 September 2024. Pada kesempatan tersebut Narasumber kegiatan Desiminasi yang di prakarsai oleh Harry Widhiarto sebagai Ketua Komunitas Belajar KOIKI menyampaikan bahwa "Pengembangan Literasi dan Numerasi adalah tanggung jawab dari semua guru, tidak hanya bertumpu pada guru Bahasa Indonesia maupun Guru Matematika saja".

KOIKI, Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Komunitas Belajar


Pemanfaatan Komunitas Belajar yang sudah terbentuk diharapkan bisa menjadi sarana untuk belajar bersama, berbagi praktik baik untuk meningkatkan kompetensi GTK sehingga mampun menjalankan peran dan tugasnyadengan optimal. Kegiatan dalam kombel harus berfokus pada peningkatan pembelajaran peserta didik, menggunakan siklus inkuiri (refleksi awal-perencanaan-implementasi-evaluasi) 

Komunitas Belajar KOIKI sebagai wadah belajar meningkatkan kompetensi guru dengan tujuan untuk pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik, selain kegiatan desiminasi tersebut, Kombel KOIKI memanfaatkan Tekhnologi untuk kegiatan P5 yang akan berlangsung pada peserta didik di setiap jenjangnya. Adapun Tema dari kegiatan P5 adalah sebagai berikut :

  • Fase E (Kelas X)
  1. Gaya Hidup Berkelanjutan
  2. Suara Demokrasi
  • Fase F (Kelas XI)
  1. Rekayasa Tekhnologi
  • Fase F (Kelas XII)
  1. Bangunlah Jiwa Raganya
Kegiatan Desiminasi tentang pengembangan Literasi Numerasi diharapkan dapat terintegrasi dengan kegiatan P5, sehingga nantinya kemampuan peserta didik dalam hal Literasi maupun Numerasi dapat meningkat secara signifikan.