Perubahan Kurikulum dari KTSP 2006 menjadi Kurikulum 2013 menjadikan perubahan-perubahan dalam cara memperlakukan peserta didik, salah satu nya adalah pada cara penilaian sikap. Pada KTSP 2006 penilaian sikap pada peserta didik tidak terperinci, namun ketika kita para pengajar disuguhkan dengan perubahan kurikulum, yakni kurikulum 2013 maka sebagai pendidik harus mengetahui teknik penilaian sikap yang diharapkan oleh Kurikulum 2013.
Salah satu unsur yang harus dinilai dalam kurikulum 2013 diantaranya adalah Penilaian Sikap Spiritual, dalam penilaian sikap spiritual ada beberapa point yang harus dinilai oleh pendidik atau guru diantaranya adalah penilaian kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, toleransi, gotong royang, santun dan percaya diri, untuk lebih jelasnya mari simak tabel dibawah ini :
Penilaian sikap spiritual
Selain itu, kurikulum 2013 Guru harus bisa membuat rumusan indikator dalam penilaian sikap siswa, penilaian sikap siswa ini bisa dengan cara mengamati saat kegiatan belajar berlangsung didalam kelas, maupun ketika peserta didik berada diluar kelas, berikut indikator-indikator sebagai pedoman penilaian sikap pada peserta didik, untuk lebih jelasnya mari simak tabel indikator penilaian sikap dibawah ini :
Teknik Penilaian Sikap Kurikulum 2013 | Kurikulum |
Teknik Penilaian Sikap Kurikulum 2013
ForumPendidikan.com kali ini akan membagikan tentang bagaimana teknik penilaian sikap pada kurikulum 2013.Salah satu unsur yang harus dinilai dalam kurikulum 2013 diantaranya adalah Penilaian Sikap Spiritual, dalam penilaian sikap spiritual ada beberapa point yang harus dinilai oleh pendidik atau guru diantaranya adalah penilaian kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, toleransi, gotong royang, santun dan percaya diri, untuk lebih jelasnya mari simak tabel dibawah ini :
Penilaian sikap spiritual
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut | |
Penilaian sikap sosial
|
|
Selain itu, kurikulum 2013 Guru harus bisa membuat rumusan indikator dalam penilaian sikap siswa, penilaian sikap siswa ini bisa dengan cara mengamati saat kegiatan belajar berlangsung didalam kelas, maupun ketika peserta didik berada diluar kelas, berikut indikator-indikator sebagai pedoman penilaian sikap pada peserta didik, untuk lebih jelasnya mari simak tabel indikator penilaian sikap dibawah ini :
Sikap dan pengertian
Contoh Indikator
| |
Sikap spiritual | |
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut |
|
Sikap sosial | |
1. Jujur adalah perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan |
|
2. Disiplin adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. |
|
3. Tanggungjawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa |
|
4. Toleransi adalah sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan |
|
5. Gotong royong adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas |
|
6. Santun atau sopan adalah sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma kesantunan bersifat relatif, artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu tertentu bisa berbeda pada tempat dan waktu yang lain. |
|
7. Percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis seseorang yang memberi keyakinan kuat untuk berbuat atau bertindak |
|